Cara Membuat Makalah | Format Penulisan Makalah


Cara Membuat Makalah memang bisa terbilang sulit, tapi itu dulu, dengan kemajuan zaman saat ini segalah sesuatu yang kita cari sudah mulai mudah termasuk Contoh Makalah dan Cara Membuat Makalah tersebut. Cara Membuat Makalah dengan mudah anda bisa langsung ke Internet karna segala sesuatu yang anda cari sudah pasti ada, tinggal mengetik apa yang anda cari.

Cara Membuat Makalah tentu bisa anda buat dengan mudah di Internet, karna di Internet Cara Membuat Makalah pasti sangat lengkap untuk anda Contoh. atau yang lebih mudah lagi anda juga bisa langsung lihat dibawah, karna dibawah juga telah saya Posting tentang Cara Membuat Makalah yang benar dan tepat. yang mungkin salah satu anda cari. Mungkin adanya Contoh Makalah yang saya sediakan juga berguna buat anda.

Pendahuluan.
- Isi.
- Kesimpulan.

Petanyaannya, bagaimana kalau di syaratkan untuk menulis makalah lebih detail? Beberapa bagian dari BAB inti ini bisa kita kembangkan menjadi lebih detail seperti berikut ini:

1. Pendahuluan

Pendahuluan ini dapat di bagi menjadi beberapa sub, contohnya:

1. Logo dan judul penulisan. Biasanya hanya berupa logo dan judul makalah.
2. Kata Pengantar. Tidak mutlak terkecuali ada beberapa orang yang meminta penulisan sub ini.
3. Latar belakang Masalah. Akan sangat baik hasilnya dan mudah di mengerti oleh orang lain apabila anda menulis latar belakang masalah. Misalnya anda menulis makalah tentang pengaruh kebiasaan merokok, maka latar belakang ini bisa di isi dengan alasan kenapa anda menulis makalah tersebut.
4. Rumusan Masalah. Sub ini hampir sama dengan latar belakang masalah, bedanya pada sub ini sebaiknya di isi dengan alasan penulisan makalah dan solusi apa yang akan anda berikan. Kalau bisa di tambahkan juga batasan agar tinjauan pustaka tidak melebar kemana-mana dan hanya fokus pada bagian tertentu.
5. Tujuan Penulisan. Seperti judulnya cukup tuliskan tujuan penulisan makalah. Contohnya untuk tugas dan lain sebagainya.

2. Isi
Ketika masuk pada isi kita dapat membagi BAB ini menjadi beberapa sub, contohnya:
1. Tinjauan Pustaka. Pada penulisan makalah biasanya bagian ini yang paling sering banyak orang kesulitan. Sebenarnya mudah saja anda harus membuat batasan terlebih dahulu di rumusan masalah agar tinjauan pustaka yang anda sajikan tidak melebar dan memenuhi syarat makalah.
2. Data. Bagian ini biasanya optional kalaupun ada sebaiknya di masukkan karena data ini bisa mendukung kebenaran penulisan makalah anda.

3. Kesimpulan

Setelah isi makalah terpenuhi saatnya kita membuat kesimpulan yang masih bisa lagi di bagi menjadi beberapa sub, contohnya:

1. Metodologi Penelitian. Pada sub ini anda harus menuliskan metodologi penelitian. Bahasa mudahnya metodologi penelitian adalah metode/cara yang anda gunakan untuk mengumpulkan informasi/data yang anda masukkan kedalam makalah anda. Ada beberapa jenis metodologi contohnya: Historis, Deskriptif, Perkembangan, Kasus dan penelitian lapangan, Korelasional, Ekperimental, Tindakan, dan lain-lain.
2. Pembahasan. Sub ini biasanya optional, berbeda kalau anda merasa perlu atau terpaksa menulis tentang pembahasan (biasanya tugas kuliah).
3. Kesimpulan. Cukup tuliskan kesimpulan dari makalah yang anda tulis.
4. Kritik dan Saran. Pada sub ini anda harus menulis kritik dan saran, selain kedua hal itu anda bisa menuliskan solusi/cara penyelesaian yang terbaik menurut anda.
5. Daftar Pustaka. Tuliskan semua sumber penulisan anda disini (seperti credit/copyright).
6. Lembar Pengesahan. Optional, biasanya tidak di perlukan.

Contoh Makalah Format Penulisan Makalah dan Cara Membuat Makalah di atas bisa juga membuat seperti artikel Makalah Pendidikan,Majalah Pendidikan,Makalah Pancasila,Makalah Makar,Makalah Indonesia,Makalah Tentang Korupsi,Makalah Tentang Sosial,Makalah Hukum,Makalah Pendidikan,Makalah Kasus semoga aja anda bisa membuat Makalah seperti yang di inginkan.

No comments:

Post a Comment

Pocer Club88
Ayo Mainkan Poker Online Dengan Uang asli
Ayo Mainkan Domino Online
 
Cara Membuat Makalah | Format Penulisan Makalah - Terbaru Hari Ini | blogger template by Nami Dou Mbojo Toti Mori Informasi Terbaru Hari Ini Share by Blogging Stuff - Premium Themes Upcoming and Host in Blogger.com